Selasa, 18 September 2012

makna logo iB (islamic Banking)


Logo iB banyak ditemukan diberbagi bank Syariah , logo iB seakan menjadi 'ikon' untuk menandakan 'ini loh bank Syariah itu !'.
Logo iB secara resmi mulai digunakan pada 2 Juli 2007 . Logo iB mempunyai makna yang mendalam . Hal ini terlihat pada bentuk dan perpaduan warna yang digunakan yang kesemuanya mengandung arti.
Logo iB yang dirumuskan secara bersama-sama oleh Bank Indonesia dengan para pelaku industri perbankan syariah mempunyai makna bahwa iB merupakan sebuah kristalisasi dari nilai-nilai utama sistem perbankan syariah yang modern, transparan, berkeadilan, seimbang dan beretika.
Pemilihan bentuk ornamen geometris yang menjadi elemen utama logo iB mencerminkan pencarian terhadap kesempurnaan yang memantulkan keseimbangan ,keteraturan,presisi matematis dan perubahan yang terus menerus menuju keparipurnaan.
Sedangkan warna yang digunakan pada logo iB juga memiliki makna yang mendalam , diantaranya :
-Warna biru melambangkan profesionalitas dan integritas.
-Warna jingga melambangkan warna yang ramah , mencerminkan pribadi yang ramah dan rendah hati.
-Warna hijau melambangkan pertumbuhan
-Warna putih mencerminkan sistem yang transparan dan bersih menganut prinsip syariah.
Lalu banyak orang yang kembali bertanya apakah iB itu? artinya apa? seperti yang ditanyakan oleh mas Choirul , iB jika dipanjangkan adalah islamic Banking .
Lalu kenapa huruf 'i' pada logo iB itu ditulis dengan huruf kecil, apakah mempunyai arti? .
Menurut Irvan A. Noe’man (bapak Desain Grafis Indonesia) menjelaskan sebagai berikut : “iB adalah islamic banking….dan huruf i kecil mensiratkan bahwa islam
harus tampil secara humble (rendah hati) ”.
Islam dalam islamic banking, ditampilkan secara lembut, halus dan rendah hati. Ia menyejukkan, bukan menakut-nakuti. Ia mendamaikan, bukan membuat gelisah. Ia halus dan lembut, bukan teriak - teriak yang memekakkan telinga. Ia rendah hati, bukan membusungkan kesombongan. Ia bisa menghargai, bukan memurkai atau menistai. Itulah mengapa i-nya iB pake huruf kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar